Entri Populer

Kamis, 12 Mei 2011

Rangkuman Buku Statistik Prof. Drs. Sutrisno Hadi. m. A

PENGERTIAN

Dalam pengertian yang sempit kata statistik digunakan untuk menunjuk semua kenyataan yang berwujud angka-angka tentang sesuatu kejadian khusus. Misalnya statistik kecelakaan lalu lintas, statistik nikah-talak-rujuk, dll.

Dalam pengertian luas (teknik metodologik) statistik berarti cara-cara ilmiah yang dipersiapkan untuk mengumpulkan, menyusun, menyajikan, dan menganalisa dat penyelidikan yang berwujud angka-angka.
1002. LANDASAN KERJA STATISTIK
Tiga jenis landasan kerja pokok statistik adalah: Variasi, Reduksi, dan
Generalisasi.
CIRI-CIRI POKOK STATISTIK

1. Ia bekerja dengan angka-angka. Angka-angka dalam statistik mempunyai 2 arti, yaitu angka sebagai jumlah yang menunjukkan jumlah atau frekwensi, dan angka yang menunjukan nilai atau harga.
2. Ia bersifat obyektif. Kerja statistik menutup pintu bagi masuknya unsur-unsur
subyektif yang dapat menyulapkeinginan menjadi kenyataan atau kebenaran.
3. Ia bersifat universal. Dalam arti dapat digunakan hampir dalam semua bidang
penyelidikan.
Hampir semua penyelidikan ilmiah dilakukan terhadap sampel kejadian. Tetapiolehkarena sampel hampir tidak perna dapat secara sempurna mewakili populasinya, maka semua generalisasi yang didasarkan atas studi sampling pasti besar atau kecil mengalami kesalahan atau kesesatan, maka segera timbul satu persoalan. Persoalan inilah yang menjadi salah satu tugas terpenting statistik, yaitu memperhitungkan kesalahan generalisasi.

Tidak ada komentar: